phone: +62 896 9598 1298
e-mail: communicationawards@gmail.com

CSR PROGRAM COMPETITION COMMUNICATION AWARDS 2014

Suatu daerah pasti memiliki potensi daerah yang dapat dikembangkan dan hal itu pasti akan mengangkat kebudayaan yang ada di daerah tersebut. Disamping itu, potensi daerah akan dapat meningkatkan pendapatan daerah dan pengrajin itu sendiri. Potensi tersebut mempunyai peluang yang tinggi apabila dikembangkan dengan baik. Tetapi disisi lain pemerintah sampai saat ini belum bisa mengoptimakan potensi daerah yang ada. Sehingga potensi daerah tersebut masih belum bisa berkembang dengan baik. Maka dari itu, hal ini merupakan tantangan bagi kita sebagai ‘New Public Relation Agent’ dalam sebuah perusahaan untuk bisa memaksimalkan potensi daerah tersebut dan meningkatkan perekonomian daerah tersebut. Dimana teknologi sekarang sangat berkembang dan menjadi kebutuhan pokok bagi semua orang. Dengan berkembangnya IT maka harus berimbang dengan penggunaan yang positif. Selain itu juga dengan perkembangan IT sekarang dapat membantu dalam pemasaran barang dan informasi-informasi di daerah mana saja.

Secara esensi Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan wujud giving back dari korporat kepada komunitas. Hal ini dapat dilakukan dengan cara melakukan dan menghasilkan bisnis berdasar pada niat tulus guna memberi kontribusi yang positif pada komunitas (stakeholders). Dalam hal ini, perusahaan tidak hanya sekedar mencari keuntungan (profit oriented) tetapi lebih dari itu, mereka juga memiliki kewajiban untukdapat memajukan potensi daerah yang ada di lingkungan perusahaan tersebut berdiri. Perusahaan Telkom telah membuat sebuah program CSR dimana perusahaan tersebut membangun Desa untuk Pemberdayaan Potensi Perempuan.

Maka dari itu, nantinya kita akan membuat sebuah program CSR bagi sebuah perusahaan untuk mengoptimalkan potensi daerah yang ada. Program ini dapat diwujudkan dengan pemberian dalam bentuk dana atau kebendaan yang menunjang pengoptimalan potensi daerah tersebut. Belum banyak Perusahaan mengenal potensi daerah / budaya lokal. Perusahaan berinisiatif, berkontribusi melalui IT.

Program CSR apabila dilaksanakan dengan benar mampu meningkatkan citra positif perusahaan. Citra positif akan menjadi aset yang berharga bagi perusahaan dalam menjaga keberlangsungan perusahaan.

Dengan ini Communication award 2014 mengadakan perlombaan kompetisi CSR yang bertujuan untuk memberikan ruang kreatifitas bagi New Public Relation Agent dalam membuat program CSR. Tema yang diambil adalah “ TechnoCulture“ dalam hal tersebut dapat dimaksimalkan melalui teknologi yang sedang berkembang. Dimana teknologi disini dapat dikembangkan untuk memproduksi potensi yang ada maupun dalam bentuk pemasaran produk.

Lomba :  Penyusunan Program Corporate Social Responsibility

Tunjukkan bahwa program CSR anda ini penting bagi perusahaan yang anda pilih, dan sesuai dengan prinsip-prinsip CSR, serta memiliki dampak positif bagi stakeholder perusahaan yang anda tuju sebagai sasaran program CSR anda.

1.        Buat kelompok maksimal 4 orang yang terdiri dari mahasiswa dalam satu universitas yang sama, adapun syarat yang harus dipenuhi dalam lomba ini antara lain:
a.          Masih berstatus mahasiswa aktif  S1 atau sederajat
b.          Melakukan pendaftaran dan pembayaran sesuai alur yang telah ditentukan
c.          Memiliki ketertarikan pada bidang atau industri public relation.
2.        Organisasi yang digunakan dapat berupa organisasi profit/non-profit seperti NGO ataupun LSM sesuai dengan kesepakatan kelompok masing–masing.
3.        Utamakan program CSR ini akan mendapat tanggapan dari organisasi tempat anda bernaung jika benar – benar dilakukan pitching.
4.        Bentuk dan rencanakan program tersebut sekreatif dan semenarik mungkin, efektif namun tetap efisien. Program yang dibuat diharapkan sesuai dengan keadaan daerah, adanya program berkelanjutan dan dapat juga melibatkan institusi pemerintahan secara langsung.
5.        Program yang terdapat dalam proposal TIDAK BOLEH memiliki kesamaan dengan program-program CSR yang telah menjadi nominasi 5 besar pada CA sebelumya.
6.        Program CSR yang didaftarkan BELUM PERNAH masuk nominasi atau menjadi juara di kompetisi manapun.

7.        Dalam proposal yang anda ajukan, harus mencakup mengenai beberapa hal, diantaranya adalah sebagai berikut :
a.          Situation analysis/Analisis situasi      : terkait dengan masalah public yang berkaitan erat dengan organisasi yang anda pilih
b.          Aims/Tujuan                                       : tujuan yang ingin dicapai dari program yang akan dibuat
c.          Implementation/Implementasi          : terdapat 3 tahapan yakni, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi termasuk indikator keberhasilan program

Susunan proposal harus terdiri dari :

a.         Analisa masalah (terkait dengan masalah yang dihadapi public terhadap institusi/organisasi ditempat anda bernaung)
b.         Tujuan yang akan dicapai dari program yang anda ajukan.
c.         Implementasi program dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi termasuk indikator keberhasilan program
d.         Inti pesan yang akan disampaikan pada public prioritas
e.         Pemilihan-pemilihan strategi  yang akan digunakan untuk mencapai tujuan akhir dari program yang anda ajukan.
f.          Rinci program yang akan anda buat dengan mencamtumkan rincian program yang akan dilaksanakan.
g.         Cantumkan sistem evaluasi yang akan anda laksanakan terkait dengan program yang telah dijalankan, berisi target capaian apa yang anda harapkan dari program ini. Harus mencakup keseluruhan isi.
Kriteria penilaian Juri
a.         Hubungan rancangan program CSR dengan tujuan publik (sesuai atau tidaknya program yang anda buat dengan situasi lingkungan yang bersangkutan dengan korporatnya )
b.         Program CSR yang dibuat sesuai dengan prinsip CSR
c.         Efektifitas program yang direncanakan
d.         Rincian rangkaian kegiatan yang dilaksanakan
e.         Serta indikator yang digunakan dalam evaluasi dari program
8.     Membayar uang pendaftaran sebesar Rp 200.000,00 ke rekening BNI dengan no. Rek 0296466766 atas nama Nasya Meilika Ikhtiarany
9.    Batas akhir pembayaran tanggal 20 Oktober 2014
10.    Download formulir yang telah di sediakan di communicationawards.blogspot.com
11. Kirimkan bukti pembayaran (scan) beserta formulir yang telah diisi ke email communicationawards@gmail.com dengan subjek “Proposal Lomba CSR 2014”  pada bodycopy cantumkan nama lengkap ketua kelompok, institusi, alamat email serta nomor telepon yang dapat dihubungi. Email akan dibalas dengan disertakan no registrasi.
12. Kirimkan proposal dalam bentuk softfile melalui email communicationawards@gmail.com dengan ketentuan:
a.         Subjek “Proposal Lomba CSR 2014”
b.         Pada body email tulis nama kelompok dan data diri lengkap ketua kelompok ( nama, TTL, asal universitas, angkatan, contact person )
c.         Lampirkan proposal anda dalam bentuk ms.word dan pdf.
13.    Pendaftaraan di buka mulai tanggal 25 Juli-25 Oktober 2014 dan batas akhir pengumpulan proposal sampai dengan tanggal  25 Oktober 2014 pukul 23.59.wib
14.    Tahap kurasi akan dilakukan pada tanggal 28 Oktober 2014 ( untuk memilih 5 besar )
15.    Peserta yang masuk dalam 5 besar akan diumumkan pada tanggal 29 Oktober 2014 melalui media komunikasi yang dimliki communication awards 2014 dan akan melakukan presentasi pada tanggal 8 November 2014 di Ruang Sidang Fisipol Gedung Ki Bagus Hadikusuma Lt.1  Jl. Lingkar Barat, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183.
16.    Pemenang akan di umumkan pada Awarding Night Communication Awards 11 November 2014 juga di www.communicationawards.blogspot.com. Dan akan dihubungi oleh pihak panitia untuk program lebih lanjut.

Download brief dan form dibawah ini :
form and brief csr

Cp : Annisa Ihtiarina ( +62 899 420 3651 )