CSR PROGRAM COMPETITION COMMUNICATION AWARDS 2014
Suatu
daerah pasti memiliki potensi daerah yang dapat dikembangkan dan hal itu pasti
akan mengangkat kebudayaan yang ada di daerah tersebut. Disamping itu, potensi
daerah akan dapat meningkatkan pendapatan daerah dan pengrajin itu sendiri.
Potensi tersebut mempunyai peluang yang tinggi apabila dikembangkan dengan
baik. Tetapi disisi lain pemerintah sampai saat ini belum bisa mengoptimakan
potensi daerah yang ada. Sehingga potensi daerah tersebut masih belum bisa
berkembang dengan baik. Maka dari itu, hal ini merupakan tantangan bagi kita
sebagai ‘New Public Relation Agent’ dalam sebuah perusahaan untuk bisa
memaksimalkan potensi daerah tersebut dan meningkatkan perekonomian daerah
tersebut. Dimana teknologi sekarang sangat berkembang dan menjadi kebutuhan
pokok bagi semua orang. Dengan berkembangnya IT maka harus berimbang dengan
penggunaan yang positif. Selain itu juga dengan perkembangan IT sekarang dapat
membantu dalam pemasaran barang dan informasi-informasi di daerah mana saja.
Secara
esensi Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan wujud giving back dari korporat kepada
komunitas. Hal ini dapat dilakukan dengan cara melakukan dan menghasilkan
bisnis berdasar pada niat tulus guna memberi kontribusi yang positif pada
komunitas (stakeholders). Dalam hal
ini, perusahaan tidak hanya sekedar mencari keuntungan (profit oriented) tetapi
lebih dari itu, mereka juga memiliki kewajiban untukdapat memajukan potensi
daerah yang ada di lingkungan perusahaan tersebut berdiri. Perusahaan Telkom telah
membuat sebuah program CSR dimana perusahaan tersebut membangun Desa untuk
Pemberdayaan Potensi Perempuan.
Maka
dari itu, nantinya kita akan membuat sebuah program CSR bagi sebuah perusahaan
untuk mengoptimalkan potensi daerah yang ada. Program ini dapat diwujudkan
dengan pemberian dalam bentuk dana atau kebendaan yang menunjang pengoptimalan
potensi daerah tersebut. Belum banyak Perusahaan mengenal potensi daerah /
budaya lokal. Perusahaan berinisiatif, berkontribusi melalui IT.
Program
CSR apabila dilaksanakan dengan benar mampu meningkatkan citra positif
perusahaan. Citra positif akan menjadi aset yang berharga bagi perusahaan dalam
menjaga keberlangsungan perusahaan.
Dengan
ini Communication award 2014 mengadakan perlombaan kompetisi CSR yang bertujuan
untuk memberikan ruang kreatifitas bagi New
Public Relation Agent dalam membuat program CSR. Tema
yang diambil adalah “ TechnoCulture“ dalam hal tersebut dapat
dimaksimalkan melalui teknologi yang sedang berkembang. Dimana teknologi disini
dapat dikembangkan untuk memproduksi potensi yang ada maupun dalam bentuk
pemasaran produk.
Lomba : Penyusunan Program Corporate
Social Responsibility
Tunjukkan bahwa program CSR anda ini penting bagi perusahaan yang anda
pilih, dan sesuai dengan prinsip-prinsip
CSR, serta memiliki dampak positif bagi stakeholder
perusahaan yang anda tuju sebagai sasaran program CSR anda.
1.
Buat kelompok maksimal 4 orang yang
terdiri dari mahasiswa dalam satu universitas yang sama, adapun syarat yang
harus dipenuhi dalam lomba ini antara lain:
a.
Masih berstatus mahasiswa aktif S1 atau sederajat
b.
Melakukan pendaftaran dan pembayaran
sesuai alur yang telah ditentukan
c.
Memiliki ketertarikan pada bidang
atau industri public relation.
2.
Organisasi yang digunakan dapat
berupa organisasi profit/non-profit seperti NGO ataupun LSM sesuai dengan
kesepakatan kelompok masing–masing.
3.
Utamakan program CSR ini akan mendapat
tanggapan dari organisasi tempat anda bernaung jika benar – benar dilakukan
pitching.
4.
Bentuk dan rencanakan program
tersebut sekreatif dan semenarik mungkin, efektif namun tetap efisien. Program
yang dibuat diharapkan sesuai dengan keadaan daerah, adanya program
berkelanjutan dan dapat juga melibatkan institusi pemerintahan secara langsung.
5.
Program yang terdapat dalam proposal
TIDAK BOLEH memiliki kesamaan dengan program-program CSR yang telah menjadi
nominasi 5 besar pada CA sebelumya.
6.
Program CSR yang didaftarkan BELUM
PERNAH masuk nominasi atau menjadi juara di kompetisi manapun.
7.
Dalam proposal yang anda ajukan,
harus mencakup mengenai beberapa hal, diantaranya adalah sebagai berikut :
a.
Situation analysis/Analisis situasi : terkait dengan
masalah public yang berkaitan erat dengan organisasi yang anda pilih
b.
Aims/Tujuan : tujuan yang ingin dicapai
dari program yang akan dibuat
c.
Implementation/Implementasi : terdapat 3 tahapan yakni,
perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi termasuk
indikator
keberhasilan program
Susunan proposal harus terdiri dari :
a.
Analisa masalah (terkait dengan
masalah yang dihadapi public terhadap institusi/organisasi ditempat anda
bernaung)
b.
Tujuan yang akan dicapai dari
program yang anda ajukan.
c.
Implementasi program dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi termasuk
indikator
keberhasilan program
d.
Inti pesan yang akan disampaikan
pada public prioritas
e.
Pemilihan-pemilihan strategi yang akan digunakan untuk mencapai tujuan
akhir dari program yang anda ajukan.
f.
Rinci program yang akan anda buat
dengan mencamtumkan rincian program yang akan dilaksanakan.
g.
Cantumkan sistem evaluasi yang akan
anda laksanakan terkait dengan program yang telah dijalankan, berisi target
capaian apa yang anda harapkan dari program ini. Harus mencakup keseluruhan
isi.
Kriteria penilaian Juri
a.
Hubungan rancangan program CSR dengan tujuan publik
(sesuai atau tidaknya program yang anda buat dengan situasi lingkungan yang
bersangkutan dengan korporatnya )
b.
Program CSR yang dibuat sesuai dengan prinsip CSR
c.
Efektifitas program yang
direncanakan
d.
Rincian rangkaian kegiatan yang
dilaksanakan
e.
Serta indikator yang digunakan dalam
evaluasi dari program
8.
Membayar uang pendaftaran
sebesar Rp 200.000,00 ke rekening BNI
dengan
no. Rek 0296466766 atas nama Nasya Meilika Ikhtiarany
9. Batas akhir pembayaran tanggal 20 Oktober 2014
9. Batas akhir pembayaran tanggal 20 Oktober 2014
10. Download formulir yang telah di
sediakan di communicationawards.blogspot.com
11. Kirimkan bukti pembayaran (scan) beserta formulir yang telah diisi
ke email communicationawards@gmail.com
dengan subjek “Proposal Lomba CSR 2014” pada bodycopy cantumkan nama lengkap ketua
kelompok, institusi, alamat email serta nomor telepon yang dapat dihubungi.
Email akan dibalas dengan disertakan no registrasi.
12. Kirimkan proposal dalam bentuk softfile melalui email communicationawards@gmail.com dengan ketentuan:
a.
Subjek “Proposal Lomba CSR 2014”
b.
Pada body email tulis nama kelompok
dan data diri lengkap ketua kelompok ( nama, TTL, asal universitas, angkatan,
contact person )
c.
Lampirkan proposal anda dalam bentuk
ms.word dan pdf.
13. Pendaftaraan di buka mulai tanggal 25 Juli-25 Oktober 2014 dan
batas akhir pengumpulan proposal sampai dengan tanggal 25 Oktober 2014 pukul 23.59.wib
14. Tahap kurasi akan dilakukan pada tanggal 28 Oktober 2014 ( untuk
memilih 5 besar )
15. Peserta yang masuk dalam 5 besar akan diumumkan pada tanggal 29
Oktober 2014 melalui media komunikasi yang dimliki communication awards 2014 dan
akan melakukan presentasi pada tanggal 8 November 2014 di Ruang
Sidang Fisipol Gedung Ki Bagus Hadikusuma Lt.1 Jl. Lingkar Barat, Kasihan, Bantul, Yogyakarta
55183.
16. Pemenang akan di umumkan pada Awarding Night Communication Awards 11
November 2014 juga di www.communicationawards.blogspot.com.
Dan akan dihubungi oleh pihak panitia untuk program lebih lanjut.
Download brief dan form dibawah ini :
form and brief csr
Cp : Annisa Ihtiarina ( +62 899 420 3651 )
Download brief dan form dibawah ini :
form and brief csr
Cp : Annisa Ihtiarina ( +62 899 420 3651 )